Sunday, January 6, 2019

Contoh Laporan Study Tour SD

LAPORAN STUDY TOUR MALANG

(JATIM PARK 2 & ECO GREEN)

Nama        : FUAD KHOIRUL HAMDANI

Kelas             : VI A

No. Absen : 14

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat. Sehingga kami dapat menyelesaikan laporan study tour ini.Kami menyadari bahwa keterbatasan pengetahuan dan pemahaman tentang daerah Jawa Timur,menjadikan keterbatasan saya pula untuk memberikan penjabaran yang lebih dalam tentang masalah ini,oleh karena itukritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan laporan ini.Harapan saya,semoga laporan study tour ini membawa manfaat bagi kita,setidaknya untuk sekedar membuka cakrawala berpikir kita tentang daerah Jawa Timur.

Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak dalam proses pembuatan laporan study tour ini.

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Study tour adalah salah satu kegiatan yang tidak wajib.Dengan adanya laporan ini,kita dapat mengerti perkembangan wisata secara nyata,dan dapat pula mengembangkan daya pikir atu imajinasi kita.Kegiatan tersebut merupakan program yang telah dibimbing dan dapat digolongkan dalam ekstrakurikuler sekolah. Sehingga dengan adanya wisata,selain akan menambah wawasan,juga dapat di jadikan kegiatan refresing.

B.  Tujuan Penulisan

*Memperkarya wawasan siswa terhadap lingkungan.
*Dapat mengetahui pengetahuan tentang sejarah suatu tempat.
*Dapat mengetahui manfaat dibangunnya suatu tempat.

C.  Tempat Kunjungan Study Tour

*Eco Green
*Jatim Park 2
*Pasar Buah Dewi Sri

D. Alasan Memilih Tempat Kunjungan

*Daerah yang tidak strategis, sehingga tidak mudah di jangkau.
*Untuk mengetahui informasi secara mendetail tentang lokasi tersebut.

E.  Peserta Kegiatan Study Tour

Peserta pelaksanaan Study tour tahun 2018/2019 dari rombongan SDN Banjarejo di ikuti siswa/siswi kelas 6 beserta guru pendamping di setiap busnya.

PEMBAHASAN

STUDY TOUR MALANG
(Jatim Park 2 & Eco Green)

Pada hari Rabu tanggal 12 Desember 2018,saya dan teman teman kelas 6 SDN Banjarejo Madiun sedang berwisata di Kota Batu, Malang Jawa Timur yaitu bagian Jatim Park 2, Eco Green dan pasar Dewi Sri. Saya dan rombongan berangkat pukul 03.00 WIB.Perjalanan kira kira menempuh waktu 6 jam.Pada saat pukul 05.00 pagi,saya dan rombongan berhenti di Masjid untuk sholat subuh. Setelah sholat subuh saya dan rombongan kembali melanjutkan perjalan.Di perjalan saya sangat kagum dengan pemandangan alam yang sangat indah.Waktu menunjukan pukul 09.00 WIB, Kami pun berhenti untuk sarapan pagi di rumah makan Fariz,Kota Batu,Malang. Saat di rumah makan,kami berfoto foto ria dirumah makan Fariz.

Setelah di rumah makan,kami melanjutkan perjalanan ke Jatim Park 2 & Eco Green. Setelah sampai di tempat tujuan, saya dan rombongan menunggu kira kira 10 menit. Sambil menunggu kami berfoto foto ria di sekitar museum satwa.Lalu kami menuju di taman Eco Green dengan berjalan kaki.Disana kami diberi tiket yang dipakaikan ditangan. Disana kami melihat lihat berbagai hewan dan tumbuhan.Ada gajah yang terbuat dari televisi bekas,ada juga badak yang terbuat dari tiga mobil bekas.Setelah itu kami menuju ruangan seperti layaknya museum.Disana ada berbagai hewan hewan kecil yang sangat langka,disana juga kita berfoto foto ria.Ditaman Ecco Green kami diajarkan bagaimana cara mengolah sampah yaitu sampah organik dan anorganik.

Kami pun sampai di lokasi ke dua yaitu jatim park 2.Disana ada berbagai hewan langka seperti,Harimau,Singa,Monyet,Zebra,Jerapah,Unta,Gajah,Badak,Flamingo,dan berbagai Burung langka, serta hewan hewan langka lainnya.Kami pun merasa senang karena bisa berfoto foto riang gembira dijatim park 2Kami pun melanjutkan perjalanan dengan melihat bioskop yaitu melihat cerita Hanoman yang sangat mengagumkan dan seru.Pada saat pukul 12.00/13.30 WIB, kami diizinkan untuk menaiki wahana dan istirahat makan siang serta sholat dhuhur. Kami menaikki wahana Tsunami,Gurita dan Roller coaster.

Waktu menunjukan pukul 13.30 kami pun melanjutkan perjalanan ke Museum Satwa.Disana kami melihat berbagai lukisan hewan langka,hewan langka palsu,dan ruangan yang unik bertema hewan dan tumbuhan.Disana kami berfoto foto ria bersama teman teman ku.Pada saat pukul 15.00 kami melanjutkan perjalanan yaitu di Tempat oleh oleh Brawijaya. Disana kami membeli oleh oleh ada baju,keripik,sandal,boneka,buah apel dan lain lain. Setelah itu kami menuju tempat makan Brawijaya untuk makan sore.Setelah itu mandi dan melanjutkan perjalanan ke pasar buah Dewi Sri.

Dipasar buah Dewi Sri,kami membeli buah buahan lagi. Waktu menunjukkan pukul 17.30 kami pun menuju masjid terdekat untuk sholat maghrib.Setelah sholat maghrib, kami melanjutkan perjalanan pulang ke madiun.Saat di dalam bus kami diberikan obat anti mabuk perjalanan.Disaat perjalanan kami pun mengantuk dan akhirnya tidur karena kami sangat kelelahan.Perjalanan Madiun/Malang kira kira 6 jam lamanya.Tak terasa sudah sampai di Madiun saat pukul 23.00, Kami pun segera turun dari bus

dan menemui orang tua yang sudah menjemput kami.Itulah laporan saya saat sedang berwisata di Jatim Park 2 & Eco Green

PENUTUP

Puji syukur kehadirat Allah SWT atas kemudahan dalam pembuatanlaporan Study tour ini sehingga dapat kami selesaikan tugas penulisan laporan ini dengan baik.Dalam penyusunan laporan ini jika masih ada kesalahan dan kekurangan dalam penguraian tulisan atau kalimat dan yang lainnya,saya mohon maaf sebesar besarnya.Atas kritik dan saran kami pada laporan ini,kami mengucapkan banyak terima kasih sehingga laporan ini dapat lebih sempurna.

A. Kesimpulan

Dengan adanya objek objek wisata yang menarik dapat meningkatkan jumlah
Wisatawan dari mancanegara maupun domestik,sehingga dapat menambah dana devisa
Di daerah Malang,Jawa Timur pada khususnya.

B.  Saran

Perlu ditingkatkannya tenaga tenaga profesional dalam bidang kepariwisataan yang memiliki pengalaman,keterampilan,dan kemampuan berinteraksi yang baik dengan cara mendirikan perguruan tinggi paiwisata,pendidikan menengah pariwisata,pusat penelitian dan pengembangan pariwisata

C.                 Lampiran
 (Foto Kalian Selama di Tempat Wisata)