Pengertian Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja
spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk
sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS.
Software ini dikenal juga sebagai Microsoft Office Excel, MS. Excel atau
sering disebut sebagai Excel saja.
Oleh sebab itu syarat utama untuk bisa menggunakan program aplikasi excel
ini, komputer yang anda gunakan harus sudah terinstal sistem operasi (operating
sistem) Windows atau Mac terlebih dahulu.
Microsoft Excel adalah salah satu dari sekian banyak Program Aplikasi
yang terdapat dalam paket aplikasi perkantoran Microsoft Office yang
dikhususkan untuk pengolahan angka.
Jadi jika di dalam komputer Anda sudah Terinstal Office Word atau
powerpoint, maka kemungkinan besar Office Excel juga sudah bisa Anda gunakan.
Apabila anda bekerja dalam hal pengolahan angka maka aplikasi excel
inilah yang tepat untuk anda gunakan. Namun, tentu tidak hanya itu saja sebab
Excel memiliki banyak fitur dan fungsi yang juga bisa dimanfaatkan untuk
hal-hal lainnya.
Salah satu hal yang membuat aplikasi Excel cukup terkenal adalah
kelengkapan fitur Formulas dan Functions yang lebih kita kenal dengan istilah
rumus excel.
Formula dan fungsi ini digunakan untuk membantu anda dalam mengerjakan
beragam proses perhitungan data secara cepat, tepat dan semi otomatis.
Formula excel bisa anda gunakan dalam perhitungan yang sederhana sampai
kalkulasi yang kompleks, baik untuk data berbentuk angka, data teks, data
tanggal, data waktu, atau kombinasi dari data-data tersebut.
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di
dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja yang biasanya cukup kita
sebut sheet saja. Jika workbook adalah sebuah buku maka worksheet adalah
lembaran-lembaran kertas dalam buku tersebut. Pada worksheet ini kita bekerja
dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotak kecil-kecil berupa
sel-sel (cells) tempat kita memasukkan data.
A.
Mengenal
Buku Kerja dan Lembar Kerja
Buku kerja/workbook adalah nama
lain dari file Microsoft Excel dengan Ekstention File *.XLSX untuk Ms. Excel
2007, secara default work book ini mempunyai nama Book 1, Book 2 dan seterusnya sesuai urutan pembuatan workbook
sebelum dilakukan penyimpanan. Sedangkan lembar kerja yang merupakan isi dari
sebuah workbook diberi nama Sheet1,
Sheet2, Sheet3. Dan sheet ini bisa ditambahkan.
Pada setiap lembar kerja memuat Cell, dan Range. Cell adalah
perpotongan antara kolom dan baris, Range
kumpulan dari cell. Setiap Cell memiliki nama sesuai dengan kolom
dan baris yang membentuknya. Misal A2
artinya kolom ke A dan baris ke 2. Perhatikan gambar di bawah ini.
B.
Memindah Pointer
Untuk memindahkan pointer dapat menggunakan Mouse
atau Keyboard.
Ø Menggunakan
Mouse: gerakkan mouse sehingga pointer mouse menunujuk posisi tertentu
kemudian klik pada posisi tersebut.
Ø Mengguanakan
Keyboard: gunakan tombol panah pada keyboaard.
C. Mengatur Lembar Kerja/Worksheet
1.
Mengganti
Nama Lembar Kerja
Secara default nama dari lembar
kerja adalah Sheet1, Sheet2 dan
seterusnya.
Caranya :
·
Lakukan Double Click pada sheet kemudian ketikkan nama penggantinya atau
·
Klik kanan Sheet yang akan diganti >
klik rename > ketik nama penggantinya.
Atau
Pilih tab Home – Group Cells- Format-Rename
Sheet- Ketik nama Sheet
2.
Menambah
Lembar Kerja
Caranya :
·
Klik kanan salah satu Sheet > Klik Insert > Klik Worksheet
> Klik Ok atau
·
Klik Menu Insert > Klik Worksheet.
3.
Mengahapus
Lembar Kerja
Caranya : Klik kanan Sheet yang akan dihapus > Klik Delete atau pilih Sheet yang akan
dihapus > Klik Menu Edit > Klik
Delete Sheet
4.
Melakukan
Range Tabel
Caranya :
·
Klik dan tahan mouse pada awal cell lalu geser ke cell paling akhir lalu lepaskan
Range ini dibaca Range B6:C9 (B6 sampai dengan C9)
5.
Memberi
Nama Range / Tabel
Pemberian nama sebuah range atau
tabel ini biasa dilakukan untuk fungsi LOOKUP, nama dari sebuah tabel dapat
digunakan menjadi referensi tabel dengan alamat tertentu (range) :
·
Blok Cell
yang akan dijadikan range
·
Klik Name Box
·
Ketik nama range
·
Tekan Enter
Range B6:C9 diganti dengan
range/tabel NILAI_HURUF
No comments:
Post a Comment