Sunday, May 26, 2019

Terjemahan Niat Sholat Fardhu Dalam Bahasa Jawa

Salam semua,

Ini adalah blog saya pada dan kali ini membahas tentang Terjemahan Bacaan Sholat Bahasa Jawa. Sholat secara bahasa mempunyai arti mengagungkan. Sedangkan pengertian shalat menurut syara’ adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam. Ucapan di sini adalah bacaan-bacaan al-Qur’an, takbir, tasbih, dan do’a. Sedang yang dimaksud dengan perbuatan adalah gerakan-gerakan dalam shalat misalnya berdiri, ruku’, sujud, duduk, dan gerakan-gerakan lain yang dilakukan dalam shalat. 


Yang dimaksudkan shalat dalam penelitian ini adalah tidak hanya sekedar shalat tanpa adanya penghayatan atau berdampak sama sekali dalam kehidupannya, akan tetapi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah shalat fardlu yang didirikan dengan khusyu’ yakni shalat yang nantinya akan berimplikasi terhadap orang yang melaksanakannya. Pengertian shalat yang dimaksudkan  lebih kepada pengertian shalat menurut Ash Shiddieqy  dari ta’rif shalat yang menggambarkan ruhus shalat (jiwa shalat); yaitu berharap kepada Allah dengan sepenuh jiwa, dengan segala khusyu’ dihadapan-Nya dan berikhlas bagi-Nya serta hadir hati dalam berdzikir, berdo’a dan memuji.
Khusyu’ secara bahasa berasal dari kata khasya’a-yakhsya’u-khusyu’an, atau ikhta dan takhasysya’a yang artinya memusatkan penglihatan pada bumi dan memejamkan mata, atau meringankan suara ketika shalat.  Khusyu’ secara bahasa juga bisa diartikan sungguh-sungguh penuh penyerahan dan kebulatan hati; penuh kesadaran hati.  Arti khusyu’ itu lebih dekat dengan khudhu’ yaitu tunduk, dan takhasysyu’ yaitu membuat diri menjadi khusyu’. Khusyu’ ini dapat terjadi baik pada suara, badan maupun penglihatan. Tiga anggota itulah yang menjadi tanda (simbol) kekhusyu’an seseorang dalam shalat.
Sedangkan menurut Hasbi ash-Shiddieqy shalat yaitu beberapa ucapan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir, disudahi dengan salam, yang dengannya kita beribadah kepada Allah, menurut syarat-syarat yang telah ditentukan. Dari definisi sholat kemudian kita artikan setiap doa yang terucap dalam sholat sebagai tanaman yang berguna untuk kita simpan dalam benak kita.

  • Dhuhur
  • Ashar
  • Maghrib
  • Isya
  • Shubuh




Kita mulai yuk! 

NIAT

- Usholli= kula Sholat - Fardodh Dhuhr= fardu Dhuhur - arba'a raka'atin= sekawan raka'at - mustaqbilal=ngadep kiblati=kiblat -ada'an= langsung- lillaahi ta'ala=krana Allah ta'ala.
-   Usholli= kula Sholat - Fardodh 'Ashri= fardu 'Ashar-arba'a raka'atin=sekawan raka'at -mustaqbilal=ngadep kiblati=kiblat -ada'an= langsung- lillaahi ta'ala=krana Allah ta'ala.

-  Usholli= kula Sholat - Fardodh Maghrib=fardu Maghrib - salasa aka'atin=tigang raka'at -mustaqbilal=ngadep kiblati=kiblat -ada'an= langsung- lillaahi ta'ala=krana Allah ta'ala.

-  Usholli= kula Sholat - Fardodh 'Isya'i= fardu Isya'-arba'a raka'atin=sekawan raka'at -mustaqbilal=ngadep kiblati=kiblat -ada'an= langsung- lillaahi ta'ala=krana Allah ta'ala.

-  Usholli= kula Sholat - Fardosh Shubhi= fardu rok'ataini=kalih raka'at -mustaqbilal=ngadep kiblati=kiblat -ada'an= langsung- lillaahi ta'ala=krana Allah ta'ala.
Sekian dulu blog saya kali ini jika ada salah kata mohon maaf dan jika ingin tambah materi atau request dari teman-teman silahkan kasih komentar di bawah atau ikuti Gmail saya terimakasih.


No comments:

Post a Comment