Friday, December 6, 2019

Puisi Tentang Cinta




Bagi kalian-kalian yang bucin pasti gak bakal asing sama yang namanya puisi cinta dan kali ini saya ingin membahas tentang cinta dan menyumbangkan beberapa karya puisi yang berisi tentang cinta. Meskipun begitu cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Kenapa cinta sangat melekat di dalam hati manusia? Dan faktor apa sajakah yang mendorong cinta kepada seseorang itu terjadi? Mari kita bahas lebih lanjut tentang itu.

Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut. Cinta adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk.

Penggunaan perkataan cinta juga dipengaruhi perkembangan semasa.
Perkataan senantiasa berubah arti menurut tanggapan, pemahaman dan penggunaan di dalam keadaan, kedudukan dan generasi masyarakat yang berbeda. Sifat cinta dalam pengertian abad ke-21 mungkin berbeda daripada abad-abad yang lalu. Ungkapan cinta mungkin digunakan untuk meluapkan perasaan seperti berikut:

Perasaan terhadap keluarga
Perasaan terhadap teman-teman, atau philia
Perasaan yang romantis atau juga disebut asmara
Perasaan yang hanya merupakan kemauan, keinginan hawa nafsu, atau cinta eros
Perasaan sesama atau juga disebut kasih sayang atau agape
Perasaan tentang atau terhadap dirinya sendiri, yang disebut narsisisme
Perasaan terhadap sebuah konsep tertentu
Perasaan terhadap negaranya atau patriotisme
Perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme

Jadi cinta itu tidak hanya sekedar kita suka dengan seseorang yang tidak kita kenal saja ya. Banyak cinta yang lain-lainnya.

Jenis – Jenis Cinta

Seperti banyak jenis kekasih, ada banyak jenis cinta. Cinta berada di seluruh semua kebudayaan manusia. Oleh karena perbedaan kebudayaan ini, maka pendefinisian dari cinta pun sulit ditetapkan.

Ekspresi cinta dapat termasuk cinta kepada ‘jiwa’ atau pikiran, cinta hukum dan organisasi, cinta badan, cinta alam, cinta makanan, cinta uang, cinta belajar, cinta kuasa, cinta keterkenalan, dan lain-lain. Cinta lebih berarah ke konsep abstrak, lebih mudah dialami daripada dijelaskan.

Cinta Antar Pribadi
Cinta kasih yang sudah ada perlu selalu dijaga agar dapat dipertahankan keindahannya. Cinta antar pribadi menunjuk kepada cinta antara manusia. Bentuk ini lebih dari sekadar rasa kesukaan terhadap orang lain. Cinta antarpribadi bisa mencakup hubungan kekasih, hubungan orangtua dengan anak, dan juga persahabatan yang sangat erat. Beberapa unsur yang sering ada dalam cinta antarpribadi:

Kasih sayang: menghargai orang lain.
Altruisme: perhatian non-egois kepada orang lain (yang tidak dimiliki oleh banyak orang).
Reciprocation: cinta yang saling menguntungkan (bukan saling memanfaatkan).
Komitmen: keinginan untuk mengabadikan cinta, tekad yang kuat dalam suatu hubungan.
Keintiman emosional: berbagi emosi dan rasa.
Kekerabatan: ikatan keluarga.
Passion: hasrat dan atau nafsu seksual yang cenderung menggebu-gebu.
Physical intimacy: berbagi kehidupan erat satu sama lain secara fisik, termasuk di dalamnya hubungan seksual.
Kepentingan pribadi: cinta yang mengharapkan imbalan pribadi, cenderung egois dan ada keinginan untuk memanfaatkan pasangan.
Pelayanan: keinginan untuk membantu dan atau melayani.

Energi seksual dapat menjadi unsur paling penting dalam menentukan bentuk hubungan. Namun atraksi seksual sering menimbulkan sebuah ikatan baru, keinginan seksual dianggap tidak baik atau tidak sepantasnya dalam beberapa ikatan cinta. Dalam banyak agama dan sistem etik, hal ini dianggap salah bila memiliki keinginan seksual kepada keluarga dekat, anak, atau di luar hubungan berkomitmen. Tetapi banyak cara untuk mengungkapkan rasa kasih sayang tanpa hubungan seks. Afeksi, keintiman emosi dan hobi yang sama sangat biasa dalam berteman dan saudara di seluruh manusia.

Robert Steinberg, seorang Psikolog terkenal, mungkin telah menemukan cara untuk menyediakan struktur untuk ini. Menurut Triangular Theory Of Love-nya, ada tiga komponen cinta – gairah (ketertarikan seksual atau romantis), keintiman (rasa keterikatan yang mendalam, dan dinamika berbagi) dan kasih sayang (kesediaan untuk tidak hanya mempertahankan hubungan, tetapi juga biarkan tumbuh). Elemen-elemen ini bergabung dalam tujuh cara untuk memberi kita tujuh jenis cinta yang berbeda.

1. Keintiman saja adalah persahabatan atau kesukaan. Pikirkan orang yang Anda beri tahu segalanya, yang ingin Anda panggil ketika sesuatu yang menarik atau mengecewakan terjadi dalam hidup Anda. Tentu saja, Anda mencintai mereka. Tapi cinta ini disebut suka atau persahabatan dan tidak berarti hubungan.

2. Ketika ada hasrat, itu disebut cinta tergila-gila. Ingat bagaimana semua perasaan yang Anda miliki ketika hormon Anda mengalir deras, disingkirkan sebagai kegilaan? Cinta yang tergila-gila terasa intens dan kuat, tetapi berumur pendek tanpa keintiman atau komitmen. Itu mengambil prioritas dalam hidup Anda karena mungkin membuat Anda merasa seperti Anda dapat melakukan apa saja untuk orang lain (seperti itulah kekuatan nafsu), tetapi Anda harus hati-hati mengevaluasi seberapa banyak Anda berbicara satu sama lain, dan apakah Anda bersedia melihat melalui masa-masa sulit.

3. Ketika Anda merasakan komitmen yang kuat terhadap seseorang, tetapi tidak ada hasrat atau keintiman, itu adalah cinta kosong. Ini adalah jenis cinta yang sebagian dari kita miliki bersama dengan keluarga kita. Anda melihat orang lain di masa depan Anda, dan mungkin tidak bisa membayangkan masa depan tanpa mereka, tetapi tidak ada berbagi cerita pribadi yang signifikan, dan tidak ada daya tarik seksual. Sayangnya, banyak pernikahan juga terkadang didasarkan pada cinta kosong.

4. Cinta romantis adalah ketika ada keintiman dan gairah antara dua orang. Ini adalah ketika kita merasakan kupu-kupu di perut saat kita memikirkan objek cinta kita. Tetapi tanpa komitmen, ini mungkin berumur pendek. Gairah terasa intens dan ketika disertai dengan berbagi cerita pribadi, rasanya seperti cinta yang akan bertahan lama. Tetapi tanpa secara sadar dan aktif bekerja menuju hubungan jangka panjang, rasa komitmen tidak berkembang.

5. Cinta pendamping adalah ketika ada keintiman dan komitmen, tetapi tidak banyak gairah. Pada suatu titik dalam perkawinan atau hubungan jangka panjang, akan ada cinta pendamping antara dua orang. Ini bukan hal yang buruk karena keintiman dan komitmen lebih kuat dari ketiga pilar. Namun, penting untuk menyalakan kembali api dan mengembalikan gairah dalam campuran. Para lansia, yang mungkin tidak lagi memiliki gairah seks yang kuat, sering mencari cinta pendamping.

6. Cinta buta adalah ketika ada hasrat dan keinginan untuk berkomitmen, tetapi tidak ada keintiman yang nyata. Anda bertemu seseorang yang baru. Kimia antara Anda berdua membuat Anda kewalahan dan Anda tidak bisa saling melepaskan tangan. Seks itu hebat. Mereka tampak luar biasa! Sempurna, bahkan. Hanya tipe orang yang selalu Anda impikan bersama. Ini, Anda simpulkan berdasarkan pada beberapa hal dangkal yang Anda ketahui tentang mereka – di mana mereka telah bepergian, jenis musik yang mereka sukai, film, buku, apakah mereka pecinta binatang atau tidak. Dan Anda memutuskan, dengan sungguh-sungguh, bahwa Anda ingin menghabiskan sisa hidup Anda bersama mereka. Anda memiliki pernikahan senapan. Tetapi kenyataannya, tanpa keintiman, Anda tidak benar-benar mengenal mereka.

7. Ketika tiga elemen kuat bergabung, kita mendapatkan cinta yang sempurna. Beginilah sebagian besar dari kita memahami cinta: situasi ideal di mana Anda terus berhubungan seks yang hebat dengan pasangan Anda, adalah sahabat satu sama lain, dan tidak pernah berkurang keputusan Anda untuk menghabiskan hidup bersama. Kita semua menginginkan cinta yang sempurna, jenis yang, menurut Barthes, mengisi kita dengan energi. Kita mungkin mencapainya, tetapi menurut psikolog, tantangannya terletak pada mempertahankannya. Saya kira satu-satunya cara Anda bisa adalah dengan bersama kekasih Anda setiap hari!

Selanjutnya ada puisi cinta :

Cinta
Dirasakan setiap manusia
Seakan menjadi candu yang melekat
Begitu indah di rasa
Pandangan cinta berbeda
Perlakuannya pun tak sama
Hanya terdapat dalam jati diri manusia
Rangkaian kata pun tak mampu mengukirnya
Ketika nama di nisan hanya cinta dan luka tersisa
Dan itu tercampur menjadi rasa ganjil

Sekian blog dari saya maaf kalau ada salah kata silahkan komentar di bawah kalau ada kekurangan atau follow akun saya di Hubungi Kami. Terimakasih (^_-)

2 comments: