Saturday, December 22, 2018

Pengenalan Bahasa C

Hai Guys Welcome To My Blog !

       Pada kali ini membahas tentang teknologi untuk pertama kali ini saya akan menjelaskan salah satu bagian penting pada komputer yaitu pemrograman. Namun meskipun tidak saya jelaskan satu persatu jenis pemrograman pastinya beberapa dari pembaca sudah pernah tau dari website atau blog manapun. Saya akan membahas dan membagikan kepada kalian materi Bahasa C yang saya dapat dibangku kuliah.

Oke Cekidot !!!

       Sebelumnya mari kita ketahui apa itu program komputer? Program komputer tidak lain adalah suatu perangkat lunak (software) yang digunakan untuk keperluan-keperluan aplikatif tertentu di berbagai bidang, baiik di lingkungan perusahaan, pendidikan ataupun yang lainnya. Perangkat luank tersebut sebenarnya merupakan suatu runtunan kode-kode program yang ditulis dengan salah satu bahasa pemrograman tertentu dan telah dikompilasi melalui kompilator yang sesuai dengan bahasa pemrograman tersebut. Dengan demikian, untuk membuat sebuah prangkat luank atau yang lazim dikenal dengan sebutan 'program, kita tentu harus memiliki keahlian dan menguasai salah satu bahasa pemrograman tertentu.

     Pengertian kompilator adalah sebagai suatu penerjemah artinya kumpulan kode program yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman tertentu akan diterjemahkan oleh kompilator ke dalam bahasa assembly, yang selanjutnya akan diterjemahkan lagi menjadi kode objek sehingga perintah-perintahnya akan dikenali oleh komputer (dalam hal ini mesin). Dengan demikian komputer akan dapat merespon permintaan kita dengan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang kita perlihatkan.

    Tidak semua bahasa pemrograman dapat dikompilasi di dalam 1 kompilator tertentu, artinya sebuah kompilator hanya akan mengenali bahasa-bahasa tertentu saja sesuai dengan yang telah dibuat oleh pencipta kompilator tersebut. Sebagai contoh, seseorang tidak dapat melakukan kompilasi program yang ditulis dalam bahasa C di dalam kompilator Pascal, begitupun sebaliknya. Namun sebagai pengetahuan bagi kalian bahwa untuk mengkompilasi program yang ditulis dalam bahasa C++, kompilator tersebut juga dapat digunakan untuk melakukan kompilasi terhadap kode-kode progrma yang ditulis dalam bahasa C.

   Untuk 'bahasa pemrograman' dapat diartikan suatu kumpulan kata (perintah) yang siap digunakan untuk menulis suatu kode program sehingga kode-kode program yang kita tulis tersebut akan dapat dikenali oleh kompilator yang sesuai. Kata-kata tersebut dalam dunia pemrograman sering dikenal dengan istilah keyword (terkadang disebut reserved word) Untuk mempelajari salah satu bahasa pemrograman tertentu, tentunya kita tidak hanya menghafal semua keyword (kata kunci) yang ada di dalamnya, namun kita juga perlu untuk memahami fungsi dan aturan penggunaannya. Sekarang ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat digunakan utnuk mengembangkan suatu perangkat lunak, diantaranya bahasa C, C++, Pascal, Java dan banyak lagi lainnya. Bahkan untuk pembuaatan pemrograman visual pun, telah banyak tersedia perangkat luank seperti C++Builder, Delphi, JBuilder,Visual C++ dan yang lainnya.

       Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasapemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi.
       Selain itu, C merupakan bahasa pemrograman yang berkekuatan tinggi (powerful) dan fleksibel yang telah banyak digunakan oleh para programmer profesional untuk mengembangkan program-program yang sangat bervariasi dalam berbagai bidang. 

Alasan penggunaan bahasa C:

  • Bahasa C merupakan bahasa yang powerful dan fleksibel yang telah terbukti dapat menyelesaikan program-program besar seperti pembautan sistem operasi, pengolah kata, pengolahan gambar (seperti pembuatan game ) dan juga pembuatan  kompilator untuk bahasa pemrograman baru.
  • Bahasa C merupakan bahsa yang portabel sehingga dapat dijalankan di beberapa sistem operasi yang berbeda. Sebagai contoh program yang kita tulis dalam sistem operasi Windows dapat kita kompilasi di dalam sistem operasi Linux dengan sedikit ataupun tanpa perubahan sama sekali.
  • Bahasa C merupakan bahasa yang sudah populer dan banyak digunakan oleh para pemrogrammer berpengalaman sehingga kemungkinan besar library (pustaka) dan aksesoris program lainnya yang diperlukan dalam pemrograman telah banyak disediakan oleh pihak luar/lain dan dapat diperoleh dengan mudah.

Sekian dan Terimakasih telah mengunjungi blog saya mohon maaf bila ada salah kata bila ada permintaan materi lain atau update materi ini mohon untuk mengisi di kolom komentar. Jangan lupa ikuti akun G+ saya! Thanks!
 Sumber : 
https://id.wikipedia.org/wiki/C_(bahasa_pemrograman)
Raharjo Budi dan Joni I Made.Pemrograman C dan Implementasinya edisi ketiga.2011


No comments:

Post a Comment