Tuesday, December 4, 2018

Daftar Aliran Kebatinan di Indonesia


Aliran Kebatinan atau sekarang lebih dikenal dengan “Kepercayaan”, lengkapnya kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah suatu sistem kepercayaan atau sistem spiritual yang ada di Indonesia selain agama, aliran, faham, sekte atau mazhab dari agama tersebut, serta bukan pula termasuk kepercayaan adat. Nama kebatinan itu lebih dikenal pada tahun 1950-ann sampai dengan tahun akhir 1950-an, muncul dalam berbagai bentuk gerakan atau perguruan kebatinan. Masing-masing perguruan dipimpin oleh guru kebatinan yang mengajarkan ilmunya (baca:ngelmu) kepada pengikut-pengikutnya. Dengan adanya berbagai macam perguruan yang ajarannya kadang-kadang berbeda satu sama lain, maka terdapat berbagai macam aliran kebatinan. Ilmu yang diajarkan, yang pada umumnya menurut pengakuan para guru itu diperoleh atas dasar wahyu atau wangsit dari Tuhan, disebut juga dengan ilmu kebatinan dan kadang-kadang disebut juga ilmu kerohanian, ilmu kejiwaan, ilmu kesukmaan, ilmu kasunyatan, ilmu kasampurnaan, atau juga ilmu ke-Allah-an.

    Menurut catatan yand ada pada Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (PAKEM) Departemen         Agama, jumlah nama aliran Kebatinan pada tahun 1950-an itu mencapai kurang lebih 400 aliran,           baik yang digerakkan oleh organisa-organisasi maupun yang bersifat perorangan. Di antara aliran-         aliran tersebut ada yang berkembang sejak sebelum zaman kemerdekaan, seperti misalnya:
1.       Aliran Suci Rahayu (1925)
2.       Buddha Wisnu (1925)
3.       Ilmu Sejati-Prawirosoedarso (1926)
4.       Paguyuban Ngesti Tunggal/PANGESTU (1932)
5.       Paguyuban Sumarah (1935)
Akan tetapi aliran-aliran tersebut pada umumnya baru teorganisir secara resmi sesudah kemerdekaan, bahkan jumlahnya mengalami perkembangan yang cukup banyak, misalnya:
1.       Imam Iqama Haq (IIH)
2.       Islam Sejati
3.       Kaweruh Naluri (1949)
4.       Agama Sapta Darma (1952)
5.       Subud (Susila Budhi Dharma)
6.       Paguyuban Djawa Naluri (PDN)
7.       Paguyuban Sapta Sila
8.       Perkumpulan Kejiwaan Imam Hidup Betul
9.       Paguyuban Olahraos Mulat Sarira Hangesti Tunggal
10.   Kawinduran, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment