Wednesday, November 28, 2018

Penjelasan Tentang Penyimpangan Sosial

Hasil gambar untuk perilaku menyimpang


Perilaku menyimpang adalah semua tindakan yang menyimpang norma-norma yang berlaku dalam suatu sistem sosial. Perilaku menyimpang yang juga biasa dikenal dengan nama penyimpangan sosial adalah perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan atau kepatutan, baik dalam sudut pandang kemanusiaan (agama) secara individu maupun pembenarannya sebagai bagian daripada makhluk sosial.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia perilaku menyimpang diartikan sebagai tingkah laku, perbuatan, atau tanggapan seseorang terhadap lingkungan yang bertentangan dengan norma-norma dan hukum yang ada di dalam masyarakat.

Dalam kehidupan masyarakat, semua tindakan manusia dibatasi oleh aturan (norma) untuk berbuat dan berperilaku sesuai dengan sesuatu yang dianggap baik oleh masyarakat. Namun di tengah kehidupan masyarakat kadang-kadang masih kita jumpai tindakan-tindakan yang tidak sesuai dengan aturan (norma) yang berlaku pada masyarakat, misalnya seorang siswa menyontek pada saat ulangan, berbohong, mencuri, dan mengganggu siswa lain.

Penyimpangan terhadap norma-norma atau nilai-nilai masyarakat disebut deviasi (deviation), sedangkan pelaku atau individu yang melakukan penyimpangan disebut devian (deviant). Kebalikan dari perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak menyimpang yang sering disebut dengan konformitas. Konformitas adalah bentuk interaksi sosial yang di dalamnya seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok.

Pengertian Penyimpangan Sosial Menurut Para Ahli

Bruce J. Cohen
Perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.

Gillin
Perilaku menyimpang adalah perilaku yang menyimpang dari norma dan nilai sosial keluarga dan masyarakat yang menjadi penyebab memudarnya ikatan atau solidaritas kelompok.

Lewis Coser
Mengemukakan bahwa perilaku menyimpang merupakan salah satu cara untuk menyesuaikan kebudayaan dengan perubahan sosial.

James Vander Zenden
Penyimpangan sosial adalah perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi.

Paul B. Horton
Mengutarakan bahwa penyimpangan adalah setiap perilaku yang dinyatakan sebagai pelanggaran terhadap norma-norma kelompok atau masyarakat.

Robert M.Z. Lawang
Penyimpangan sosial adalah semua tindakan yang menyimpang dari norma yang berlaku dalam sistem sosial dan menimbulkan usaha dari mereka yang berwenang dalam sistem itu untuk memperbaiki perilaku yang menyimpang itu.

Penyebab
Menurut Wilnes dalam bukunya Punishment and Reformation sebab-sebab penyimpangan/kejahatan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

  • Faktor subjektif adalah faktor yang berasal dari seseorang itu sendiri (sifat pembawaan yang dibawa sejak lahir).
  • Faktor objektif adalah faktor yang berasal dari luar (lingkungan). Misalnya keadaan rumah tangga, seperti hubungan antara orang tua dan anak yang tidak serasi.




Proses pembentukan perilaku menyimpang :
a.       Perilaku menyimpang sebagai akibat proses sosialisai yang tidak sempurna.
b.      Perilaku menyimpang sebagai hasil proses sosialisasi nilai-nilai sub kebudayaan menyimpang.

Tipologi adaptasi individu dari merton meliputi konformitas, inovasi, retualisme, pengasingan diri, dan pemberontakan.

Bentuk-bentuk penyimpangan:
a.       Penyimpangan primer, penyimpangan yang sifatnya sementara dan tidak diulang-ulang.
b.      Penyimpangan sekunder, perilaku yang khas memperlihatkan perilaku menyimpang dan secara umum dikenal sebagai seseorang yang menyimpang.
c.       Penyimpangan individu, penyimpangan secara perseorangan.
d.      Penyimpangan kelompok, penyimpangan yang dilakukan secara berkelompok.
Sifat-sifat penyimpangan :
a.       Penyimpangan yang bersifat positif.
b.      Penyimpangan yang bersifat negatif.
Bentuk-bentuk perilaku menyimpang.
a.       Perilaku penyimpangan seksual.
b.      Penyalahgunaan narkotika.
c.       Kenakalan remaja.
d.      Perkelahian pelajar.
Agar penyimpangan sosial dapat berkurang dibutuhkan pengendalian sosial. Pengendalian sosial dapat terwujud dalam bentuk hukuman, kompensasi, terapi, dan konsiliasi.

No comments:

Post a Comment